;
headline photo

Anak Berbakat

Jumat, 19 Februari 2010

Anak berbakat adalah mereka yang oleh orang-orang profesional diidentifikasikan sebagai anak yang mampu mencapai prestasi tinggi karena memiliki kemampuanh yang unggul. Kemampuan yang dimaksud tidak sebatas kemampuan melihat hubungan-hubungan logis dan mengadaptasi prinsip-prinsip abstrak kepada situasi konkret, tetapi juga memiliki kemampuan menggeneralisasikan, lebih dari orang lainnya.
Oleh karenanya, kita dapat mendefinisikan anak berbakat itu sebagai anak yang : (1) memiliki kemampuan intelektual di atas rata-rata; (2) memiliki tanggung jawab (komitmen) yang tinggi terhadap tugas; (3) memiliki kreativitas yang tinggi. Dengan demikian, anak berbakat akan mampu mengembangkan sifat-sifat tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan di masyarakat.
Anak berbakat (gifted) harus dibedakan dengan anak genius. Karena anak genius adalah anak berbakat tetapi dengan taraf sangat tinggi (highly gifted) jauh di atas anak berbakat pada umumnya walaupun anak berbakat itu sendiri telah memiliki kemampuan di atas rata-rata.
PENGERTIAN MURID CERDAS
Cerdas merupakan kemampuan untuk memecahkan masalah dan menciptakan produk yang bernilai budaya. (Howard Gardner)
PENGERTIAN MURID CERDAS
Cerdas merupakan kemampuan untuk memecahkan masalah dan menciptakan produk yang bernilai budaya. (Howard Gardner)
Murid / anak cerdas dalam istilah berbahasa Inggris disebut Bright Child. Ia berbeda dengan anak-anak gifted (berbakat), karena Bright Children (anak cerdas) sekalipun ia mempunyai IQ melebihi rata-rata, namun Bright Children mempunyai kreativitas sebagaimana anak-anak pada umumnya.

PENGERTIAN ANAK BERBAKAT
Yaitu anak-anak yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata anak normal, dengan batasan IQ di atas 130, dengan kreativitas, motivasi dan ketahanan kerja yang tinggi (menurut Renzuli).
Selain itu juga dapat diartikan anak yang oleh orang-orang profesional diidentifikasikan sebagai anak yang mampu mencapai prestasi yang tinggi karena mempunyai kemampuan-kemampuan yang unggul (Utami Munandar).

Faktor Pendukung Kecerdasan Anak Anak yang cerdas bukan hanya karena faktor keturunan, banyak hal lain yang bisa medukung anak menjadi pintar. Faktor-faktor pendukung kecerdasan anak itu antara lain dapat diasah dan dibentuk dari dalam diri anak atau dari hasil didikan orang tua. Di bawah ini beberapa contoh yang mendukung kecerdasan anak tersebut:

Motivasi
Motivasi adalah bagaimana cara orang tua untuk memberi semangat kepada anak agar mereka mau belajar, karena tanpa hal tersebut maka anak akan menjadi pribadi mudah menyerah dan putus asa sehingga anak menjadi malas untuk belajar.

IQ (intelectual Quotient)
Adalah kemampuan seorang anak untuk belajar menggunakan kepintaran otak kiri dan kanannya. Setiap anak mempunyai IQ yang berbeda tergantung dari latihan-latihan dan kemampuan otak nya untuk menyerap pelajaran yang masuk.

EQ (Emotional Quotient)
Adalah kemampuan seorang anak untuk mengusai dirinya dan dapat mengendalikan emosi sehingga memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain dan lingkungannya.

Kecerdasan visual
Adalah kemampuan seorang anak untuk menuangkan apa yang ada dalam pikirannya kedalam bentuk kreatifitas, misal: Menggambar, mewarnai

Faktor lingkungan
Karena lingkungan yang baik dan positif baik dirumah dan sekolah dapat memberikan pengaruh terhadap kepribadian dan perilaku anak untuk membantu mereka mengembangkan kecerdasannya.

Kecerdasan berkomunikasi
Melatih anak dalam berkomunikasi yang baik dapat membuat anak belajar dan berani dalam menuangkan pikiran dan gagasanya dalam bentuk kata-kata sehingga dapat melatih anak memiliki kepercayaan diri bila bicara di depan umum. Orangtua dapat memberikan contoh dengan berbicara yang baik dan sopan kepada anak.

Makanan bergizi
Orang tua yang memberikan anak gizi yang baik dengan memenuhi makanan 4 sehat 5 sempurna tentu akan membuat anak memiliki tubuh yang kuat,sehat dan perkembangan otak yang sempurna sehingga anak menjadi pintar.

Membaca
Memberikan anak buku-buku yang bermanfaat dapat menambah pengetahuan dan wawasannya dan juga melatih anak senang membaca.

Kemampuan bersosialisasi
Jangan melarang anak untuk bermain, karena dengan bergaul dengan teman-temannya anak melatih kemampuan mereka untuk berinteraksi dengan orang sehingga medapat mendukung keberhasilannya di masa depan.lain

Kecerdasan Perilaku
Seorang anak yang diajarkan untuk berperilaku yang baik dan sopan juga melatih anak untuk menghormati dan menghargai orang lain sehingga anak menjadi pribadi yang menyenangkan bagi orang-orang disekitarnya. Selain semua itu dukungan dan perhatian dari orang tua adalah faktor yang sangat penting dalam membentuk kecerdasan anak, kembangkan kecerdasan anak dari berbagai cara yang positif demi keberhasilan anak dimasa depan.

Kecerdasan bahasa dapat menunjukkan logika berpikir seorang anak.
Kalau dia pandai berbahasa, maka logika berpikirnya bagus. Bagaimana
caranya?

KECERDASAN bahasa merupakan salah satu bagian dari teori kecerdasan
majemuk atau multiple intelligences. Di samping itu ada kecerdasan
gambar, musik, tubuh, logika dan matematika, kecerdasan sosial, diri,
alam dan kecerdasan spiritual. Menurut Dr Howard Gardner, peneliti
dari Universitas Harvard yang mencetuskan teori ini, cerdas bahasa
adalah kecerdasan anak dalam mengolah kata. Contohnya, keterampilan
yang dimiliki anak dalam menceritakan atau menggambarkan sesuatu
dengan kata-kata. Kecerdasan bahasa termasuk di dalamnya kemampuan
seorang anak dalam menggunakan bahasa-bahasa dengan banyak variasi.


9 Komentar::

Trisnandika mengatakan...

trimakasih infonya... saya mendaptkan mata kul pend. anak berkemampuan khusus mengenai anak berbakat.. :)

BhestMilla SC mengatakan...

sama sama pak bos.. smoga membantu..!!

TK Unggulan di Solo mengatakan...

wahh sangat memotivasi anak-anak nihh... thankyou so much broo..

TK Unggulan di Solo mengatakan...

sangat bagus sihh... tp kurang banyak nih infonya... tp makasih bang hehe

TK Favorite di Solo mengatakan...

ALHAMDULILLAH SAYA TERMASUK ORANG YANG BERBAKAT YEEYYYY... TERIMAKASIH PAK...

TK Favorite di Solo mengatakan...

semua anak sudah tentunya punya bakat masing2. karna Allah maha adil dalam menciptakan sesuatu. jadi jangan mengeluh dan iri dengan bakat orang lain. hehe makasih bang, motivasi bener nih...

Paud Unggulan di Solo mengatakan...

hehe anak2 yang cerdas adalah generasi penerus bangsa. jadi jangan sia2 kan yg punya anak yg cerdas dan berbakat.. thanks bro

Paud Unggulan di Solo mengatakan...

pak contohnya kasih lebih banyak dongg... jadi semua biar tauu gtu.. tp makasih pak udah posting hehe

Paud Favorite di Solo mengatakan...

kasih masukan aja sih.. walau anak sudah punya bakat. belum tentu dia cerdas. karna kecerdasan itu hal yg muncul jika bakat tersebut juga keluar.. hehe matur nuwun lur..

Posting Komentar

♥♥♥Eit..Eit..kayanya pengunjung mau kirim komentar nih tentang bacaan barusan..ya dah..NAME/URL juga boleh kok..Makasih yah.. ♥♥♥