;
headline photo

Faktor Penyebab Underachiever

Jumat, 19 Februari 2010

Underachiever adalah anak yang berprestasi rendah dibandingkan tingkat kecerdasan yang dimilikinya. Menurut Prayitno dan Amti (1999:280) underachiever identik dengan keterlambatan akademik yang berarti bahwa “keadaan siswa yang diperkirakan memiliki intelegensia yang cukup tinggi, tetapi tidak dapat memanfaatkannya secara optimal.”
Edy Gustian, penulis buku Menangani Anak Underachiever, ada tiga faktor yang menyebabkan siswa menjadi underachiever, yaitu :
a.Faktor Sekolah

Sekolah merupakan faktor yang sangat berperan dalam menyebabkan terjadinya underachiever. Siswa cerdas cenderung menjadi anak yang nakal jika berada di kelas yang dianggapnya tidak memberikan tantangan. Ia akan mempunyai banyak waktu untuk memikirkan kejailan-kejailan untuk menghilangkan kebosanan.

b.Faktor lingkungan

Selain sekolah, lingkungan rumah juga menjadi penyebab anak underachiever. Peran orang tua sangat menentukan keberhasilan mereka. Orangtua yang menunjukkan perhatian, dukungan, kesiapan untuk membantu anak, dapat memotivasi anak berhasil di sekolah.

c. Faktor diri sendiri

Berprestasi atau tidak juga dipengaruhi karakteristik siswa. Salah satunya penilaian anak terhadap kemampuan yang dimilikinya. Jika siswa merasa dirinya tidak mampu, dia tidak akan berusaha untuk mendapatkan prestasi sekolah yang baik sesuai dengan penilaian terhadap kemampuannya.

Menurut para ahli, bakat merupakan suatu potensi atau kemampuan khusus dan lebih dominan yang dimiliki seseorang, yang dapat berkembang melalui proses pelatihan dan pendidikan intensif. Dengan proses ini, bakan akan menjadi sebuah kemampuan dan kecakapan nyata. Seseorang akan lebih baik prestasi dan keahliannya, jika ia mampu melakukan suatu pekerjaan sesuai bakat dan minatnya, ketimbang bidang yang tidak sesuai dengan bakatnya.

Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan bakat seseorang. Kemampuan atau potensi individu yang dibawa sejak lahir, atau faktor bawaan, sangat menentukan pembentukan dan perkembangan bakat seseorang. Tapi faktor ini saja tidak cukup untuk memaksimalkan bakat, karena faktor lingkungan juga berperan mengembangkannya.


2 Komentar::

Anonim mengatakan...

kemana y cari konsultan khusus anak underachiever atau minder

Cara Alami Mengatasi Wastafel Mampet Tanpa Sedot mengatakan...

info yang luar biasa, menarik sekali dan bermanfaat nih
di tunggu info selanjutnya gan
terimakasih

Posting Komentar

♥♥♥Eit..Eit..kayanya pengunjung mau kirim komentar nih tentang bacaan barusan..ya dah..NAME/URL juga boleh kok..Makasih yah.. ♥♥♥