;
headline photo

PANCASILA SEBAGAI PARADIGM PEMBANGUNAN EKONOMI .

Minggu, 21 Februari 2010

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam dunia ilmu ekomoni boleh dikatakan jarang ditemukan pakar ekomoni yang mendasarkan pemikiran pengembangan ekomoni atas dasar moralitas kemanusiaan dan ketuhanan. Sehingga tidak terwujutnya pelembagaan proses politik yang demokratis yang mengakibatkan hubungan pribadi merupakan mekanisme utama dalam hubungan social, politik dan ekomoni suatu degara.

Karena dengan itdak adanya pakar ekomoni yang mendasar tentang pengembangan ekomoni dalam pelembagaan proses politik yang demokratis maka muncullah masalah perekomonian kerakyatan.
Sesuai dengan paradigma pancasila dalam pembangunan ekonomi maka system dan pembangunan ekomoni berpijak pada nilai moral daripada pancasila. Secara khusus, system ekonomi harus mendasarkan pada dasar moralitas ketuhanan (sila 1 pancasila) dan kemanusiaan (sila II pancasila). System ekonomi yang mendasarkan pada moralitas dan humanistis akan menghasilkan system wkonomi yang berperikemanusiaan. System ekonomi yang menghargai hakikat manusia, baik selaku makhluk individu, sosial, makhluk pribadi maupun makhluk tuhan. System ekonomi yang berdasar pancasila berbeda dengan system ekonomi liberal hanya menguntungkan individu.

1.2 Rumusan Masalah/ Permasalahan
Adapun perumusan masalah pada karya tulis ini adalah sebagai berikut.
A. Kenapa system ekonomi penting untuk dikembangakan?
B. Apa akibat dari tidak adanya pakar ekonomi yang mendasar tentang pengembangan ekonomi dan pengembangan proses politik yang demokratis?
C. Kenapa kita harus meningkatkan system hubungan kelembagaan demokratis dalam pancasila sebagai paradigma pembangunan ekonomi?
D. Langkah-langkah dalam upaya dalam melakukan pengembangan ekonomi yang berbasis pada ekonomi rakyat.

1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan tugas ini adalah untuk menyelesaikan tugas pancasila tentang “ pancasila sebagai paradigma” dan untuk memperluas wawasan tentang pancasila sebagai paradigma pembangunan ekonomi. Dan langkah-langkah dalam upaya melakukan pengembangan ekonomi yang berbasis pada ekonomi rakyat yang berdasarkan nilai-nilai pancasila.

1.4 Manfaat Penulisan
Manfaat dari tugas ini adalah kita dapat mengetahui lebih dalam tentang masalah pancasila sebagai paradigma pembangunan ekonomi serta langkah-langkah dalam melakukan ekonomi yang berbasis pada ekonomi rakyat yang berdasarkan nilai-nilai pancasila yang mengutamakan kesejahteraan seluruh bangsa.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 MASALAH YANG AKAN TIMBUL DARI PANCASILA SEBAGAI PARADIGM PEMBANGUNAN EKONOMI .
Pengembanganekonomi mengarah pada persaingan bebas dan akhirnya yang kuatlah yang menang. Hal ini sebagai implikasi dari perkembangan ilmu ekomoni pada akhir abad ke-18 menumbuhkan ekonomi kapitalis. Aras dasar kenyataan objektif inilahmaka di Eropa pada awal abad ke-19 muncullah pemikiran sebagai reaksi atas perkembangan ekonomi tersebut yanitu sosialisme komunisme yang memperjuangkan nasib kaum feudal yang dilandas oelh kaum kapitalis karena todak terwujutkan perkembangan proses politik yang demokratis.
Oleh karena itu kiranya menjadi sangat penting bahkan mendesak untuk dikembangkan system ekomoni yang mendasarkan pada moralitas humanist, ekomoni yang berkemanusiaan.
Atas dasar kenyataan tersebut maka Mubyarko kemudian mengembangkan ekomoni kerakyatan yaitu ekonimi yang humanistic yang mendasarkan demi kesejahtaraan rakyat secara luas. Pengembangan ekomoni bukan hanya mengejar pertumbuhan saja melainkan demi kemanusiaan demi kesejahteraan atas kekeluargaan seluruh bangsa. Pengembangan ekomoni mendasarkan kepada kenyataan bahwa tujuan ekomoni itu adalah untuk memenuhi kebutuhan menusia agar menusia menjadi lebih sejahtera. Oleh karena itu harus mendasarkan pada kemanusiaan yaitu demi mensejahteraan kemanusiaan, ekomoni untuk kesejahteraan menusia sehingga kita harus kenghindarkan diri dari pengembangan ekomoni yang hanya mendasarkan pada persaingan bebas, monopoli dan lainya yang menimbulkan perderitaan pada menusia satu dengan yang lainya.
Dan system hubungan kelembagaan demokratis harus kita perbaiki supaya tidak ada peluang bagi tumbuh kembangnya antarapenguasa politik dengan pengusaha, bahkan antara birokrat dengan pengusaha. Bangsa sebagai unsur pokok serta subjek dalam negara yang merupakan penjelmaan sifat kodrat manusia individu makhluk social adalah sebagai satu keluarga bangsa. Oleh karena itu perubahan dan pengembangan ekomoni harus diletakkan pada peningkatan harkat martabat serta kesejahteraan seluruh bangsa sebagai satu keluarga.

2. 2 LANGKAH-LANGKAH DALAM MENYELESAIKAN YANG TIMBUL AKIBAT PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN EKONOMI.
Langkah-langkah yang strategis dalam upaya melakukan pengembangan ekonomi yang berbasis pada ekonomi rakyat yang berdasarkan nilai-nilai pancasila yang mengutamakan kesejahteraan seluruh bangsa adalah sebagai berikut:
1. Keamanan pangan dan mengembalikan kepercayaan, yaitu dilakukan dengan program “ social safety net” yang popular dengan program jaringan pengaman sisial (JPS) sementara untuk mengembalikan kepercayaan rakyat terhadap pemerintah, maka pemerintah harus secara knsisten menghapuskan KKN.
2. Program rehabilitasi dan pemulihan ekonomi. Upaya ini dilakukan dengan menciptakan kondisi kepastian usaha yaitu dengan diwujudkanya perlindungan hokum serta undang-undang persaingan yang sehat.
3. Tranformasi struktur, guna memperkuat ekonomi rakyat maka perlu diciptakan system untuk mendorong percepatan perubahan structural. Tranformasi structural meliputi proses perubahan dari ekonomi tradisional ke ekonomi modern, dari ekonomi lemah ke ekonomi yang tanggu, dari ekonomi subsistem ke ekonomi pasar, dari ekonomi ketergantungan kepada kemandirian, dari ekonomi orientasi dalam negeri ke orientasi ekspor.



BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
 Apabila tidak ada pakar ekomoni yang mendasarkan pemikiran pengembangan ekomoni atas dasar moralitas kemanusiaan dan ketuhanan maka pengembangan mengarah pada persaingan bebas.
 E
 konomiharus mendasarkan pada kemanusiaan yaitu demi kesejahtraan manusia sehingga kita harus menghindarkan diri dari pengembangan ekomoni yang hanya pada persangan bebas.

3.2 SARAN
Untuk menjadi Negara yang maju maka harus diwujudkan system hubungan kelembagaan demokratis agar tidak ada peluang bagi birokrat dengan pengusaha.
Dan merubahan dan pengembangan ekomoni harus diletakkan pada peningkatan harkat mertabat serta kesejahteraan seluruh bangsa sebagai satu keluarga.


DAFTAR PUSTAKA

DR. Koelan M.S. 2002. PENDIDIKAN PANCASILA. YOGYAKARTA. PARADIGMA.


1 Komentar::

Anonim mengatakan...

thank's

Posting Komentar

♥♥♥Eit..Eit..kayanya pengunjung mau kirim komentar nih tentang bacaan barusan..ya dah..NAME/URL juga boleh kok..Makasih yah.. ♥♥♥