;
headline photo

tugas mid semester

Minggu, 20 Desember 2009

Nama : YENI PUTRI DEWI
BP/Nim : 08 / 03864
Tugas : Sistem Informasi Manajemen


SOAL

1. Jelaskan bagaimana transisi pemanfaatan sistem informasi didalam dunia pendidikan yang saudara lihat saat ini. Saudara dapat mengungkapkannya dalam bentuk kasus yang ditemukan diberbagai level jenjang dan lembaga pendidikan. Sumber data dapat dicari di perpustakaan dan internet namun nanti ditulis alamat lengkap sumber tersebut dihalaman khusus keperpustakaan.

Jawaban :
a. Memberikan alternatif pilihan software dekstop yang murah
b. Meningkatkan peningkatkan pengetahuan masyarakat tentang teknologi informasi
c. Memperkecil kesenjangan teknologi informasi
d. Meningkatkan akses informasi masyarakat
e. Meningkatkan kreatifitas dalam mengembangkan dan memanfaatkan informasi kreativitas tidak dibatasi oleh software yang ada
f. Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam bidang teknologi informasi (diperguruan tinggi, sekolah dan masyarakat).
Memunculkan sumber daya manusia yang lebih siap dalam menghadapi persaingan global, mengurangi, perbajakan, menciptakan lapangan pekerjaan dan menghemat perteknologian informasi dan komunikasi (TIK) telah berkembang pesat.
Pengembangan TIK yang dimulai dengan peneliti hingga selalu berusaha untuk menghasilkan produk dengan kapasitas dan mobilitas yang tinggi. Kapasitas jalan raya, memproses ataupun penyimpanan informasi semakin besar, demikian juga mobilitasnya dari kemampuan jangkauan yang pendek kejangkauan yang lebih luas.
Penghematan waktu dan kecepatan pengkajian informasi akibat penerapan teknologi informasi tersebut akan memberikan kesempatan kepada guru dan pengurus sekolah untuk meningkatkan kualitas komunikasi dan pembinaan kepada siswa.
Biasanya membutuhkan waktu lama, untuk menyusun penjadwalan dapat selesai dalam waktu singkat. Membantu dalam pembuatan penjadwalan mata pelajaran sekolah yang dapat diproses tidak lebih dari 10 menit.
Administrasi keuangan sekolah dalam pembayaran SPP siswa. Bagian administrasi dapat langsung mengecek siapa siswa yang mempunyai tunggakan SPP dan untuk detail histori pembayaran SPP dari masing-masing siswa dapat dicetak seperti mencetak buku tabungan dibank sehingga mempermudah pekerjaan pihak administrasi keuangan.
- Penyimpanan dan pengolahan data siswa, staf keuangan dan asset sekolah
- Analisis perkembangan kinerja siswa, guru dan sekolah dari periode ke periode
- Penyediaan informasi tentang perkembangan studi siswa kepada guru wali dan orang tua
- Penyediaan informasi untuk mendukung pelaporan kepada kantor Dinas Pendidikan yang terkait dengan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan Badan Akreditasi Sekolah (BAS).
- Pengolahan data menjadi informasi untuk mendukung pengambilan keputusan
- Pengelolaan perpustakaan termasuk katalogisasi buku-buku, penelusuran buku, proses peminjaman dan pengembalian buku, keberadaan buku dan penetapan jumlah denda.

2. Dalam evolusi SI/TI terdapat 5 aspek utama yang dipertimbangkan pada saat teknologi diimplementasikan. Coba saudara analisis bagaimana evolusi SI/TI yang terjadi di UNP Padang

Jawaban :
Memproses angka-angka dengan cepat, dengan meringkas dan mengatur transaksi serta data dari area akuntansi dan sumber daya manusia. Pengembangan penggundangan data (data warehousing) gudang data adalah : basis data yang didesain untuk mendukung DSS, ESS dan aktivitas analitis serta penggunaan akhir lainnya. Penggunaan gudang data adalah bagian dari intelegensi bisnis pengumpulan dan penggunaan banyak sekali data untuk pertanyaan dan analisis oleh DSS, ESS dan berbagai sistem intelegensi lainnya.
Memungkinkan pengguna utama output sistem contohnya para analisis, manajer, dan profesional lainnya untuk membangun dan menggunakan sistem mereka sendiri di PC masing-masing. DSS berkembang kedalam dua contoh : pertama, menuju para eksekutif kemudian manajer, dan kedua keorang-orang yang bekerja dalam kelompok.
a. http://Webbisnis.com/edisi-harian/opini/1id/4945.html
b. http://klimponk.blogspot.com/2009/04/aplikasi-open-source-padadunia.html.
c. http://www.kamadeva.com/Index-menu-news-newsid- diduniapendidikan.htm
d. http://ryandwinanta.blogspot.com/2009


0 Komentar::

Posting Komentar

♥♥♥Eit..Eit..kayanya pengunjung mau kirim komentar nih tentang bacaan barusan..ya dah..NAME/URL juga boleh kok..Makasih yah.. ♥♥♥